Sunday, December 25, 2011

Belajar Web

| Sunday, December 25, 2011 | 0 comments

Sebagai dasar belajar web ada 3 hal penting yang akan kamu pelukan yaitu Belajar HTML, belajar PHP dan Belajar MySQL. Sebelumnya kita sudah belajar membuat website sederhana dengan mengunakan HTML tetapi itu hanya bagian paling dasar karena anda belum belajar tentang tag-tag html yang sesungguhnya.

Hal pertama dalam belajar web adalah belajar HTML. HTML merupakan besic awal buat kamu untuk membuat tampilan web. Seandainya kamu sudah puas dengan hanya website statis kamu tidak perlu melanjutkan mambaca artikel belajar web ini.

Namun, jika kamu memerlukan versi interaktif dari web yang kamu buat. Untuk itu, proses kedua dalam belajar web adalah menambahkan elemen dinamis atau interaktif pada web site yang sudah kamu buat. Bagimana caranya ?, kamu harus belajar PHP, karena PHP merupakan bahasa pemrograman untuk web yang bisa menggunakan logika. Kemampuan ini tidak dimiliki oleh HTML.

Web site dinamis umumnya memerlukan media penyimpanan data (database). Sebagai contoh, kamu akan memerlukan tempat penyimpanan data orang-orang yang berkomentar atau megisi buku tamu di blog kamu. Memang PHP bisa menyimpannya dalam bentuk file teks, namun akan lebih mudah jika menggunakan database.

Dari penjelasan di atas berarti proses belajar web yang harus kamu lakukan setelah belajar PHP adalah belajar database. Belajar databese berarti kamu harus belajar MySQL karena database yang merupakan pasangan dari PHP adalah MySQL.

Secara singkat belajar web :

  • Belajar HTML
  • Belajar PHP
  • Belajar MySQL
Ketiga proses belajar web yang telah saya sebutkan sudah cukup bagi kamu yang ingin membuat web site. Namu, kalian akan memerlukan ilmu tambahan tentang CSS, Javascript AJAX, dan juga teori desain seperti tata letak dan pewarnaan. Selai itu kalian juga harus mempelajari alat bantu untuk desain web seperti dreamweaver dan Front page ( sepertinya bayar semua alat untuk desain web), tenang ada versi gratisnya seperti KompoZer atau NVU untuk membantu desain web yang ingin kalian buat. Software-softaware tersebut sangat membantu kita dalam mendesain web terutama sebagai alat untuk menggantikan penulisan kode HTML secara manual.

Sepertinya untuk belajar web anda harus belajar itu dan ini ribet :D . Tetapi sebenarnya untuk seorang pemula  Kita hanya di sarankan untuk belajar belajar HTML, PHP dan MySQL. Sedankan untuk materi yang lainnya hanya sebatas ilmu penunjang proses belajar web.

Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang sedang belajar web dan belajar membuat web site .

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
Active Search Results
© Copyright 2010. belajar-desainweb.blogspot.com . Belajar desain web | Belajar membuat website | powered by Blogger.com | Template by desain website - Membuat website